Jumat, 29 Juni 2012

Membuat Shortcut Program dengan Registry

                   
                  Untuk membuat shortcut program biasanya kita akan melakukannya melalui windows atau dalam hal ini Windows Explorer,sebenarnya ada satu lagi cara membuat shortcut ini yaitu melalui Registry.
untuk menjalankan shortcut tersebut,Anda cukup menuliskan nama shortcut tersebut pada [Start]>[Run]. Disini Anda tak perlu lagi membuat file shortcut.
Berikut cara membuatnya :
  1. Jalankan Registry editor yaitu dengan mengetikkan regedit pada [Start]>[Run].
  2. Masukkan ke key HKEY_LOCAL_MACHINE\software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Apppaths jika tidak anda temukan buatlah melalui menu [Edit]>[New]>[Key].
  3. kemudian buatlah key baru dengan nama shortcut yang anda inginkan, misalnya abc.exe jangan lupa melampirkan ekstensinya juga.
  4. pada key tersebut,klik ganda data string yang bernama (Default) kemudian isikan nilainya denga path (alamat) dari file program dari shortcut tersebut, misalnya C:\program files\blablabla\etc.exe.
             Untuk melihat hasilnya,cobalah ketikan nama shortcut tersebut pada [Start]>[Run]. Ekstensi yang anda dapat gunakan juga tidak harus .exe , Anda dapat mencoba yang lain misalnya .zip, dan lain-lain.
Bila anda menemui beberapa file program yang anda buatkan shortcut-nya ini masih bermasalah, berarti anda perlu menambahkan sebuah data baru yang bernama Path pada key yang sama.
Isikan nilai dari data tersebut dengan path tetapi tanpa nama file atau programnya, misalnya (berdasar contoh di atas) kita gunakan C:\program files\blablabla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar