Jumat, 29 Juni 2012

Menonaktifkan Pengelompokkan Program di Taskbar



         Satu lagi hal baru di windows XP,yaitu pengelompokkan program di taskbar. Apa maksudnya? agar Anda mengerti,coba Anda buka sepuluh jendela Internet Explorer dan buka lagi beberapa program lian di windows. Perhatikan apa yang terjadi pada taskbar. Sepuluh jendela internet explorer yang Anda buka tadi tidak lagi berjajar sepuluh deret di taskbar,melainkan bergabung menjadi satu kolom dengan angka 10 didepannya yang menandakan bar tersebut terdiri dari sepuluh jendela.
           Ketika Anda klik pun windows tidak merespon langsung degan membuka jendela program seperti biasany. Responnya adalah berupa munculnya daftar jendela yang tadi berderet di taskbar dan jendela baru akan terbuka ketika Anda mengkliknya.
           Fitur ini sengaja diciptakan agar taskbar menjadi lebih lega. Bisa dibayangkan jika Anda membuka aplikasi yang sama  banyaknya dengan contoh di atas pada windows versi lama,bar program akan mengecil dan taskbar akan nampak sangat penuh.
            Fasilitas yang baik ini akan menjadi kontraproduktif jika Anda bisa menjalankan program yang secara otomatis membuka banyak jendela. Anda tidak dapat langsung membuka jendela yang diinginkan, melainkan harus "memutar" dulu dengan mengklik nama program yang digrupkan kemudian mengklik jendela yang diinginkan. Untuk itu Anda dapat menonaktifkan fotur ini.
Caranya :
  1. klik [Start]>[Run...] kemudian ketik gpedit.msc untuk menjalankan Group policy .
  2. carilah setting Prevent grouping of taskbar items yang terdapat pada folder Local Computer Policy\User Configuration\Administrative\Templates\Start Menu and Taskbar.
  3. klik ganda setting Prevent grouping of taskbar items, kemudian pilih opsi [Enabled].
  4. setelah itu klik [OK] dan tutup jendela Group Policy.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar