Jumat, 29 Juni 2012

Menangkal Virus Makro dengan Office

         
           Virus makro merupakan program virus yang tersimpan pada file makro sebuah spreadsheet atau pun program tambahan Office. Virus Makro ini hanya akan aktif ketika sebuah file makro disimpan pada komputer dan tersimpan pada file personal.xls atau file Office lainnya. virus makro pada file makro sering tidak terdeteksi oleh antivirus. Namun adaklanya virus tidak terdeteksi seperti virus makro pada office. Virus makro pada office merupakan virus yang paling banyak beredar dan memiliki varian yang banyak serta terkadang tidak terdeteksi oleh program antivirus. Karena virus Makro ini menggunakan progran VB yang biasanya bawaan dari office sehingga terkadang oleh antivirus dianggap program office.
        Untuk meringankan kerja program antivirus,pada office sudah dilengkapi penangkal untuk virus yang cukup ampuh. hanya saja memerlukan kerja sedikit untuk mengaktifkannya. Untuk mengaktifkannya klik [Tool]>[Macro]>[Security]. setelah muncul jendela security maka beri tanda centang pada level keamanan yang anda inginkan. Biasa terdapat 3 pilihan yaitu :
  • High                                                                                                                                                        dengan pilihan High maka semua file makro akan dinonaktofkan secara otomatis dan workbook akan dibuka.
  •  Medium                                                                                                                                            pada pilihan medium pengguna akan ditanya apakah mengaktifkan atau tidak setiap kali menjalankan file makro office.
  • Low                                                                                                                                           pilihan ini sama seklai tidak dapat digunakan karena sama dengan bunuh diri karena Office akan mengeksekusi semua file makro yang dijalankan. Anda dapat menjalankan salah satu pilihan sesuai dengan kebutuhan.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar